Sebagai alamat situs web, apa sih domain itu?

Apa itu domain? secara sederhanya domain merupakan sebuah nama (unik) suatu website yang pada penulisan namanya biasanya diakhiri dengan diikuti dot (.id, .info, .net, .ac.id, .com, go.id.) dimana nama ini kemudian dijadikan sebagai alamat situs web itu sendiri sehingga bisa diakses dengan lebih mudah. Contoh: Google.com, belidomain.com, atau akucintakamu.com.


Bermacam Jenis Ekstensi Nama Domain Yang Ada Diinternet
Gmbr Illst: Bermacam Jenis Ekstensi Nama Domain Yang Ada Diinternet

Dalam praktek dan penggunaanya yang lebih teknis, nama domain ini merupakan nama yang dipilih untuk mengidentifikasi server web atau komputer agar kita dapat menggunakannya dengan lebih mudah. Tanpa nama domain unik tersebut, setiap kita akan mengunjungi sebuah situs / website, kita harus mengetikkan rangkaian angka yang cukup rumit yang biasanya disebut sebagai alamat IP ke dalam address bar browser.

Baca juga: Membuat website blog sekolah dengan wordpress gratis

Sehingga dapat dikatakan bahwa nama domain merupakan salah satu unsur wajib dan sangat penting jika kita akan membangun sebuah situs web secara online. Adapun Nama domaini ni terdiri dari dua elemen utama, yaitu nama website itu sendiri dan ekstensi domainnya. Misalnya, Google.com berisi nama situs web (Google) dan dengan ekstensinya asalah (.com) dot com. Setiap website bisa diapsangkan dengan nama domain dimana pendaftarannya terbuka untuk seluruh pengguna internet didunia.

Selanjutnya adalah apa itu web hosting?

Judul posting kali ini adalah "Sebagai alamat situs web, apa sih domain itu?" dengan berfokus pada deskripsi dan thema: Apa itu domain? secara sederhanya domain merupakan sebuah nama (unik) suatu website yang pada penulisan namanya biasanya diikuti dot id, com dsb.. Dapatkan informasi lain melalui artikel kami lainnya dan semoga bermanfaat.